jump to navigation

Structural Equation Modeling (SEM) July 30, 2008

Posted by Baihaqi in Technology.
trackback

Terus terang saya adalah pemula dalam hal SEM. Satu tahun terakhir ini saya mencoba mempelajari SEM, meski tidak mendalam, karena saya hanya butuh untuk membantu menjawab beberapa hipotesa dalam riset saya. Meski pemula, saya mencoba membagi sedikit pengetahuan saya, sekaligus juga memperdalam, siapa tahu diantara pengunjung blog ini ada yang lebih mahir dan mau berbagi dengan saya maupun dengan yang lain. So, comments and suggestions are welcome.

Apa itu SEM?

SEM adalah suatu metode statistic yang secara simultan mengalanisa hubungan antar banyak variable. Nah, tentu anda akan bertanya, apa bedanya dengan Multiple Regression? SEM sebenarnya dibangun dari Multiple Linear Regression, bedanya SEM mampu menganalisa keterkaitan antar banyak variable dimana dimungkinkan satu variable bisa menjadi variable independent pada satu persamaan dan menjadi variable dependent pada persamaan lainnya.

Pada prinsipnya SEM sebenarnya terdiri dari dua metode statistic yang digabung sekaligus: Factor Analysis dan Multiple Linear Regression.

Nah itu saja penjelasan sekilas, nanti disambung lagi.

Comments»

1. ndop - July 30, 2008

Wadooow.. ini sekeripsi saya dulu pak.. yang menjadikan saiya mutung duwa tahun.. wuhuhu.. sem emang mbulet bagi saya…


Leave a Reply

