jump to navigation

Dibalik layar: presentasi Steve Jobs June 4, 2008

Posted by Baihaqi in lain-lain, Tips.
trackback

Siapa tak kenal Steve Jobs, si bos Apple? Presentasi yang dilakukan Steve selalu memukau. Mengundang decak kagum, dan selalu ditunggu-tunggu banyak orang. Teknik presentasinya pun banyak didiskusikan orang, sehingga dijadikan role model dalam berpresentasi. Diantara disini, disana, dan disana.

Nah, bagaimana Steve mempersiapkan presentasinya? Seorang perfectionist seperti Steve mempersiapkan presentasinya dengan matang bahkan beberapa minggu sebelum Hari-H. Pemilihan informasi yang mau disampaikan, sampai pada music pengantar maupun video sebagai demo dari productnya dipilih dengan seksama. Melibatkan banyak orang, ada producer, penata lampu, penata panggung, teknisi dan disupport lebih dari satu peralatan. Semua dipersiapkan dengan detail, sampai pada gambar/tulisan apa yang harus muncul di slide ketika si Steve berdiri di satu titik tertentu. Menurut saya, presentasi Steve dipersiapkan seperti layaknya sebuah panggung pertunjukan Teatre. Dan hasilnya? kita bisa lihat sendiri. 

Artikel di The Guardian disini, menjelaskan lebih detail. Ditulis oleh orang yang terlibat langsung dalam mempersiapkan Keynote Speech-nya Steve Job. 

Kalau seorang Steve yang begitu memukau setiap kali presentasi selalu berlatih sebelum hari presentasi, maka sudah barang tentu kita harus lebih banyak lagi latihannya!! Begitu?

* Gambar diambil tanpa ijin dari: http://www.writersblocklive.com/

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: