jump to navigation

Khutbah Jum’at February 1, 2008

Posted by Baihaqi in Islam, Life.
trackback

Sudah sejak lama saya diminta untuk membantu kegiatan mingguan keagamaan yaitu sholat Jum’at di masjid westall, Melbourne Victoria sebagai khotib. Saya tentu selalu menjawabnya dengan ungkapan “Are you kidding me?” Saya merasa tidak pantas untuk menempati pos itu, kurang ilmu saya untuk itu. Saya mau jadi makmum saja, begitu terus jawabku.

Namun sahabat saya Urai Salam terus menerus mendorong saya untuk mau berkiprah sebagai khotib. Sahabat saya yang lain, Dr. Suparto, malah mendukung gagasan Urai. Suatu waktu, sehabis sholat jum’at di masjid IMCV westall, dimana Urai menjadi khotib , dia tiba-tiba memberi saya buku panduan khutbah dan langsung bilang “Kau sudah dijadwalkan” Suparto yang ada disampingku waktu itu tersenyum bahagia sambil berujar “Alhamdulillah, bagus itu”. Yah.. akhirnya hari ini, jadwal itu tiba. Alhamdulillah.. dengan dorongan dari sahabatku Urai dan bantuan dari sahabatku Suparto, aku bertugas menjadi khotib sholat jum’at untuk pertama kali seumur hidupku. Naskah aku susun dari berbagai sumber sehari sebelumnya, dibantu sahabat Suparto. Sudah menjadi kebiasaan di masjid IMCV westall, karena audience nya mix antar warga Indonesia dan non Indonesia di Melbourne, maka khutbah disampaikan dalam dua bahasa. Berikut naskah khutbah tersebut, semoga bermanfaat:

Vodpod videos no longer available.
posted with vodpod

Click here for PDF format

Update, rekaman silahkan dinikmati disini:

Vodpod videos no longer available.

Comments»

1. MP - February 1, 2008

Nah, itu baru namanya orang yang memiliki semangat. Kemarin intonasi khutbahnya sudah bisa merepresentasikan seorang jurkam sebuah parpol. Provokatif, iluminatif, dan mencerahkan. So, tunggu jadwal-jadwal berikutnya agar ada bekas indah yang tercecer di tlatah Melbourne.

wass,
mp

2. Hardi - March 13, 2008

assalamu’alaykum, kalau di negeri orang harus semuanya serba bisa ya. 🙂

3. H.Ahmad Baihaqi Al-Qudsi (Lutfi Hidayat) - April 25, 2008

Assalamu’alaikum Wr.Wbr.
ALhamdulillahirobbil ‘Alamii..n…akhirnya, semoga ALLOH senantiasa melindungi dan memberikan hidayah kepada kita semua…Amiii….n.
Mas Imam – maju teruuus……Sampaikan Kebenaran Walau Satu Ayat….., Cegahlah kejahatan dengan Kekuasaanmu (tanganmu), kalau tidak bisa dengan mulutmu, kalau tidak bisa dengan hatimu (berdo’a)…, sekaranglah sa’atnya Mas Baihaqi Mencegah Kejahatan dan Kemusyrikan dengan Mulut…….semoga ALLOH memberi kemampuan..Amiiin…..
Wassalamu’alaikum Wr.Wbr.

4. Adebayo sarafdeen - May 9, 2008

God is great

5. rahmat hidayat - May 17, 2008

terus saja mas pantang menyerah …sebarkan islam di sana …masalah orng mo denger apa nggak,itu no 16 yang penting kita udah mnympaikan apa yg bener begitu juga yang salah …kalau mau bantuan khutbahnya disana insya Allah saya siap ….ws

6. faisol - August 28, 2008

terima kasih sharing info/ilmunya…
saya membuat tulisan tentang tidur ketika khutbah Jum’at…
silakan berkunjung ke:

http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/hidup-ini-memang-penuh-kelucuan.html

salam,
achmad faisol
http://achmadfaisol.blogspot.com/

7. faisol - August 28, 2008

terima kasih sharing ilmunya…
saya membuat tulisan tentang “Bagaimana Menjadi Khatib Efektif?”
silakan berkunjung ke:

http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/bagaimana-menjadi-khatib-efektif-1-of-2.html

salam,
achmad faisol
http://achmadfaisol.blogspot.com/

8. fannan - November 2, 2008

Salam….
alhamdulillah… nah gthu dunk mas…

mg bisa trus maju yaaa aminnnn
semangaaaat

9. memorandhum - January 15, 2009

trus naskahnya mana?

10. achmad didi - March 27, 2009

terimakasih atas informasi nya

11. raihand - May 31, 2009

hai friends salam kenal..

12. Adhibaz - July 28, 2009

Mna Khutbah Nya???

13. Dadin - February 17, 2010

khutbah mana pak !!!!

14. Imron Kuswandi M. - January 30, 2011

Salam sukses untukmu, sobat…!!!
Tapi saya koq ‘nggak menemukan khotbahnya, ya…???


Leave a Reply

