jump to navigation

Batik December 13, 2007

Posted by Baihaqi in General, Life.
trackback

Sedikit cerita dari International conference SCMIS 2007 yang saya hadiri 10-12 Dec kemarin.

Hari pertama, sibuk dengerin keynote speaker yang menarik-menarik topiknya. Terutama tentang Innovation. Sayang, setelah makan siang, kepala pusiiiing berat, terpaksa saya harus pulang lebih awal.

Hari kedua, giliran saya presentasi tentang hasil temuan penilitian saya. Presentasi lancar dan diskusi plus tanya jawabnya juga lancar. Banyak masukan konstruktif untuk riset berikutnya.

Nah, dihari kedua, pusing saya sudah hilang, saya pun berkeliling dari satu sesi ke sesi lain, kenalan dengan orang-orang baru.

Satu hal yang saya perhatikan dari para peserta, pakainnya. Orang-orang India, terutama ceweknya mudah sekali dikenali dengan pakaiannya, kain sari. Ya mereka pakai pakaian tradisional ketika mereka presentasi sekalipun. Begitu pula dengan para peneliti dari Israel, mereka menunjukkan ciri khas-nya dengan topi seperti topi pak haji tapi kecil imut terpasang di kepalanya (yang cowok).

Nah selain itu, setiap saya ketemu orang, selalu ditanya “Malaysian?” dan langsung saya jawab “Indonesian”.

Besoknya, saya datang ke conference pakai BATIK. Istri saya bilang “Kaya mau kondangan aja”. Ha ha. Terasa nyaman, apalagi cuaca summer Melbourne cukup bagus hari itu. Jarang orang yang pakai jas, kecuali satpam hotel ha ha ha.

Sampai di hotel, peserta lain pada memandang dan berujar “Is it your traditional …?”  saya pun langsung menukas “Yes, this is BATIK, a traditional Indonesian cloth!”

Setelah conference, pulang naik kereta dari Flinders St Station ke Caulfield Station, mampir kantor sebentar untuk check email dll. Nah, pas mau pulang ke rumah, di lift papasan dengan teman cewek bule Amerika, Kelly Fisher, mantan US Navy yang sekarang sedang DBA. “Hi… I like your dress, is it BATIK” saya jawab “Thanks Kelly, yes this is BATIK”.

Ketika kami papasan, dia sedang menuntun sepeda-nya, ber celana jin 3/4, tas ransel, dan aha… pake baju KEBAYA!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

