jump to navigation

Survey penggunaan Web 2.0 April 4, 2007

Posted by Baihaqi in Management, Technology.
trackback

Januari lalu, McKinsey melakukan global survey tentang bagaimana duina usaha menggunakan technology web 2.0. Survey ini mendapatkan respond cukup besar, 2847 eksekutif dari seluruh dunia, dengan 44% diantaranya merupakan C-level eksekutif.

Berikut ini sebagain hasilnya:

  • Lebih dari 3/4 responden menyatakan akan meningkatkan investasi di bidang technology yang memungkinkan user untuk berkolaborasi, seperti peer-to-peer networking, social networking, dan web service.
  • Interest terhadap web 2.0 beragam namun sebagian besar menyatakan puas dengan investasi pada teknologi Internet. Mereka menganggap investasi web 2.0 adalah sesuatu yang strategis dan berencana untuk terus meningkatkan investasi di technology ini.
  • Dunia usaha tidak terlalu menggantungakan pilihannya pada BLOG, mereka lebih mengutamakan pada teknology yang punya kemampuan untuk networking dan otomasi.
  • Popularitas terbesar saat ini adalah pada web service (80% dari respondent) , diikuti oleh collective intelligent, peer-to-peer, RSS, dan Blog (hanya 32%).
  • 2/3 dari respondent menyatakan technology web 2.0 adalah sangat penting untuk meningkatkan daya saing.
  • Respondent menggunakan teknologi web 2.0 untuk berkomunikasi dengan konsumen dan partner bisnis serta untuk kolaborasi internal perusahaan.
  • Untuk meningkatkan layanan pada konsumen, Blog merupakan pilihan bagi respondent. Sedang untuk meningkatkan koordinasi dan integrasi dengan supplier, respondent menggunakan web service, peer-to-peer networking, dan RSS
  • Teknologi web 2.0 juga berguna pada perancangan produk baru, terutama dalam tahap-tahap pengumpulan ide.

Comments»

1. Alief - April 11, 2007

Pak, permisi mau tanya dan request (bukan berlagak goblok lho ya, tapi saya benar2 goblok tg hal ini). Secara gampangan SCM itu apa sih Pak? Trus trend saat ini dan ke depan kayae SCM banyak dihubungkan dengan internet, emang apa hubungannya?

Trus, Teknik Industri kan “anak” nya Mesin🙂 Lha SCM ini ada hubungannya apa dengan Mesin? Saya kok gak ngerti babar blas… (soalnya dulu pas kuliah SI, ATB, MOP, dan RO asal iso nggarap soal, tapi gak ngerti esensi dan filosofinya)

Mungkin kalo di blog ini sudah pernah dituliskan tentang pertanyaan2 di atas, tolong saya diberi tempe tulisan yang mana aja. Tapi kalo belum ada, tolong dong dituliskan atau dilinkkan dengan website apa gitu yang membahasnya.

Terima kasih buanyak ya pak… Itung-itung kasih kuliah ke mhs Lintas Jalur (Sutra)😀 Sekali lagi maturnuwun.

2. Qky - April 17, 2007

saya kuliah lagi biar nggak makin katro, oom… syukur-syukur bisa kayak situ *mimpi kali yee*

3. Permana Jayanta - August 11, 2008

Wah-wah, thx infonya … btw, blog paling sedikit ya ? cuma 32%


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: