jump to navigation

Supply Chain & Supply Chain Management December 16, 2006

Posted by Baihaqi in Management.
trackback

Istilah supply chain dan supply chain management sudah menjadi jargon yang umum kita jumpai di berbagai media baik majalah manajemen, buletin, koran, buku ataupun dalam diskusi-diskusi. Namun tidak jarang kedua term diatas di persepsikan secara salah. Banyak yang mengkonotasikan supply chain sebagai suatu software. Bahkan ada yang mempersepsikan bahwa supply chain hanya dimiliki oleh perusahaan manufaktur saja, sehingga pernah suatu saat saya menerima statement dari petinggi perusahaan bahwa perusahaannya tidak memiliki supply chain karena tidak memiliki fasilitas produksi sama sekali.

Sebagai disiplin, supply chain management memang merupakan suatu disiplin ilmu yang relative baru. Cooper (1997) bahkan menyebut istilah “supply chain management” baru muncul di awal tahun 90-an dan istilah ini diperkenalkan oleh para konsultan manajemen. Saat ini supply chain management merupakan suatu topic yang hangat, menarik untuk didiskusikan bahkan mengundang daya tarik yang luar biasa baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Supply Chain

Supply chain dapat didefinisikan sebagai sekumpulan aktifitas (dalam bentuk entitas/fasilitas) yang terlibat dalam proses transformasi dan distribusi barang mulai dari bahan baku paling awal dari alam sampai produk jadi pada konsumen akhir. Menyimak dari definisi ini, maka suatu supply chain terdiri dari perusahaan yang mengangkat bahan baku dari bumi/alam, perusahaan yang mentransformasikan bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau komponen, supplier bahan-bahan pendukung produk, perusahaan perakitan, distributor, dan retailer yang menjual barang tersebut ke konsumen akhir. Dengan definisi ini tidak jarang supply chain juga banyak diasosiasikan dengan suatu jaringan value adding activities.

Bisa kita bayangkan bagaimanakah jaringan supply chain dari suatu produk tertentu. Kita ambil saja satu contoh barang yang sudah sangat kita kenal, mobil misalnya. Berbagai macam aktivitas dan perusahaan terlibat dalam pembuatan suatu mobil sampai ia ada ditangan konsumen akhir. Kalau kita lihat dari titik perusahaan perakitan sampai aliran barang ke konsumen, mungkin akan terlihat “sederhana”. Dari perakitan akhir, mobil-mobil akan di distribusikan melalui dealership sampai mobil-mobil ini ada di showroom-showroom untuk akhirnya sampai ke pemakai. Pada rantai jaringan inipun juga terlibat jaringan after sales services yang siap melayani konsumen mulai dari perawatan dilengkapi dengan supply komponen pengganti.

Kalau kita tarik dari perakitan sampai ke bahan baku, maka jaringan supply chain ini akan semakin kompleks. Berbagai komponen, modul dan sub komponen yang terlibat untuk dapat dirakitnya suatu mobil. Di titik paling hulu adalah industri yang menghasilkan plastik, baja/besi, aluminium, dan karet untuk ban, gasket dan komponen dari karet lainnya, serta kulit yang digunakan untuk jok mobil. Bisa kita bayangkan, ada ribuan aktivitas yang terlibat.

Nah, dari gambaran dan definisi diatas maka kita bisa lihat bahwa supply chain sebagai suatu aktivitas ataupun proses bisnis akan selalu ada. Dan bahkan keberadaannya telah ada sejak suatu aktivitas transformasi barang dan pendisitribusiannya ke konsumen akhir dimulai. Jadi, apakah suatu perusahaan menerapkan prinsip-prinsip manajemen supply chain atau tidak, perusahaan tersebut akan tetap menjadi bagian dari suatu supply chain. Bahkan perusahaan bisa menjadi bagian lebih dari satu supply chain sekaligus. Supermarket seperti Carrefour misalnya, pada saat yang sama ia menjadi ujung paling bawah (downstream) dari supply chain untuk banyak produk sekaligus. Posisi perusahaan dalam berbagai supply chain dimana ia beroperasi pun bisa berlainan. Perusahaan ban Goodyear misalnya, ia menjadi pemasok untuk pabrik perakitan mobil ketika kita pandang ia sebagai bagian dari supply chain produk mobil. Pada saat yang sama ia juga menjadi manufacturer akhir yang memasok ban langsung ke distributor dan retailer untuk pasar pengguna mobil yang membutuhkan penggantian ban. Di industri elektronika, perusahaan seperti Motorola bisa menjadi supplier bagi AT&T pada supply chain produk tertentu, di lain produk Motorola bisa menjadi customer dari AT&T.

Sekarang ini, supply chain tidak hanya melibatkan aliran barang dari hulu ke hilir tetapi juga melibatkan aliran barang sebaliknya yaitu dari konsumen kembali ke manufacturer, atau yang disebut dengan reverse supply chain. Aktivitas-aktivitas reverse supply chain meliputi: pengembalian produk cacat, services and maintenance, ataupun aktivitas daur ulang.

Sangat penting untuk dicatat bahwa dalam suatu supply chain terdapat tiga macam aliran utama, yaitu aliran produk, uang dan informasi. Pengelolaan dan sinkronisasi ketiga aliran inilah yang menjadi ruh dan jiwa dari supply chain management.

Bersambung …

Comments»

1. fahmi arsad - March 8, 2007

perlu keterangan lebih lanjut tentang reverse supply chain

2. Alief - April 11, 2007

Oooo gitu ya, mulai ngerti dikit (banget) tentang SCM. Makasih ya.

3. baihaqi - April 12, 2007

Cak Alief:
Nanti saya lanjutkan. Artikel ini masih tentang supply chain saja belum ke supply chain management.

4. berry - June 1, 2007

mas baihaqi yang terhormat,nama saya Berry, saya seorang mahasiswa jurusan manajement, saat ini saya mendapat tugas dari dosen saya untuk mengambil contoh kasus SCM dan menwajibkan setiap mahasiswa menganlisis masalah yang ditimbulkan. spesifikanya masalah yang dihadapi sebuah perusahaan saat menggunakan jaringan SCM tersebut. saya sangat berharap Mas dapat membantu merekomendasikan contoh kasus yang sedang saya cari..
terima kasih.

5. baihaqi - June 4, 2007

#Berry,
Silahkan lihat di sini, mungkin berguna:
McDonald Food Chain

6. yuris - November 17, 2007

Mas baihaqi, nama saya Yuris, saya seorang mahasiswa yg akan menyelesaikan TA, kebetulan saya mengambil judul ttg risiko manajemen. Pada tahap awal saya disuruh untk mengidentifikasi risk dlm perusahaan baik itu inbound, inproses & outbound. yang ingin saya tanyakan..? mungkin mas Baihaqi bisa memberikan sedikit gambaran kasus/risk yang biasanya muncul didalam industri manufacture sebagai bahan perbandingan saya, apakah masalah tsb juga terjadi di tmpt penelitian saya? trimakasih (email: yuris_permana@yahoo.co.id)

7. nana - January 22, 2008

Ass…slm knl…mas baihaqi saya mau tanya tentang penerapan supply chain di restoran it seperti apa? mulai aliran bahan baku dan arus informasinya juga……saya mendapat tugas dari dosen seperti itu tapi saya belum ada gambaran.terima kasih (email:lina_greathelp@yahoo.co.id)

8. Baihaqi - January 23, 2008

#7. Nana,

Sebenarnya term penerapan “supply chain” adalah kurang tepat, harusnya penerapan “supply chain management (SCM)”. Seperti diuraikan di artikel diatas, bahwa supply chain itu exist (ada) pada tiap-tiap perusahaan. Bukankah tiap-tiap perusahaan punya pemasok (supplier) dan konsumen. Nah rantai “pemasok-perusahaan (restoran dalam kasus anda) – konsumen” itulah sebuah supply chain. Apakah rantai ini dekelola dengan prinsip-prinsip SCM, itu lain persoalan.

Secara umum, SCM mengedepankan kerjasama atau koordinasi antar semua pemain dalam satu rantai supply chain (pemasok, distributor, sampai ke konsumen). Hal ini karena tujuan utama supply chain adalah untuk mendapatkan suatu kondisi yang optimal bagi seluruh perushaan dalam rantai tersebut. Prinsip mendapatkan keuntungan tinggi tapi mematikan supplier tidaklah berlaku. Ingat prinsip SCM adalah bagaiman satu rantai yang terdiri dari pemasok, prushaan itu sendiri, distributor, sampai konsumen menjadi suatu kekuatan yang tangguh untuk bersaing dengan rantai supply chain lain.

Nah, untuk tugas tersebut, anda bisa memulainya dengan mengidentifikasi siapa sajakah pemasok2 dari restoran tersebut. Kemudian penerapan SCM-nya anda bisa melihat bagaimanakah restoran & pemasok bisa bekerja sama salaing menguntungkan untuk tujuan misalany: minimize inventory, increase service level, dst.

9. Baihaqi - January 23, 2008

#6. yuris
Manajemen resiko dalam supply chain menjadi issue yang menarik akhir-akhir ini. Banyak sekali contoh kasus termasuk bagaimana mitigation strategy nya. Dalam SCM, hal ini dikenal sebagai “Resilient Supply Chain”.

Contoh kasus:

17 Maret 2000, terjadi badai hebat di Albuquerque New Mexico, mengakibatkan kebakaran di pabrik Microchip milik Philihps Electronic. Akibatnya, jutaan microchip musnah. Kejadian ini berdampak hebat pada dua produsen Hand Phone – Nokia dan Erricson – yang menjadi konsumen utama dari pabrik microchip ini. Dampak pada masing-masing perusahaan berbeda, dikarenakan kemampuan tiap-tiap perusahaan dalam memamanage resiko berbeda.

Nokia, langsung bertindak cepat, untuk menjaga kelangsungan produksinya dengan melakukan swicthing pasokan microchip ke pabrik Philip lainnya dan juga ke supplier lain dari Jepang dan juga America. Tak heran, Nokia tidak sampai mengalami krisis berkepanjangan.

Erricson, dilain pihak, karena menggunakan singlesourcing, tidak memiliki sumber pasokan microchip lainnya, akibatnya produksi Erricson terganggu selama beberapa bulan yang berakibat kerugian sebesar $400 juta .

Banjir, longsor, dan bencana alam lain, serta kejadian seperti rusaknya truk pengiriman, tertutupnya pelabuhan dll merupakan beberapa sumber resiko baik dalam inbound maupun outbound yang dapat berakibat berantai.

#7 Tambahan untuk Nana, silahkan juga baca case study di komentar no 5

10. ifa - February 13, 2008

mas baihaqi, saya ifa mahasiswa unisba. tolong bantu saya cariin supply chain menurut islam seperti apa?dan apakah bisa supply chain diartikan sebagai proses pasokan barang?

11. agustinus - March 4, 2008

saya agustinus mhswa UB mlg jur TI,kebetulan saya dapat masalah tentang penrtian SCM yg real/sebenarnya itu adalah apa,saya mau tanya juga aplikasi SCM itu sendiri di dunia nyata/kerja bgmana?yang terakhir saya mau nanya ttg scm palnning and strategi nya bgmna dlm cnth pada suatu pers?trims mhn bimbingannya dan perhatiannya?>

12. Tini - March 6, 2008

Mas baihaqi, saya tini mahasiswi binus. Mau tanya, saya ingin membuat laporan yang menyangkut analisis dan perancangan sistem informasi SCM pada PT X. Dosen saya menyarankan mengmbil topik tentang SCM.. Masalahnya, saya kurang ngerti tentang SCM. Perusahaan yang akan diambil yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang mengubah bahan baku menjadi busa2 yang digunakan dalam pembuatan springbed. Jika seperti itu,, kira2 latar belakang masalahnya apa? Jika kita mengambil topik SCM?
Atau mas ada saran judul lain? tapi yang menyangkut tentang analisis dan perancangan sistem?
Mohon bantuannya.. Thx B4..

13. "K" - March 6, 2008

kpn mas lanjutan penjelasan SCM??????? dosen saya menyuruh tuk membwt rangkuman ttg SCM neh….

14. joks - March 19, 2008

Mas mau tanya jg nih, ada gak sih yg langsung mengulas SCM tersebut langsung ke teknisnya. semisal PT. X dia menggunakan aplikasinya apa? trus technology apa? makasih ya mas…..

15. Mustain - March 28, 2008

Mas Baihaqi

Adakah artikel dari supply chain dari perbakan, hal sangat kita perlukan untuk pengembangan featur produk perbankan
Maaf saya Mustain, salah satu CEO Bank perkreditan rakyat di Bekasi
TKS Banget

16. snug - April 4, 2008

Mas Baihaqi, SCM selama ini diperuntukkan untuk perusahaan bisnis, kebetulan saya sedang membuat riset tentang penerapan Supply Chain dalam manajemen bencana alam. Punya opini tentang terapan SC untuk disaster management ?

17. baihaqi - April 7, 2008
18. tisha - April 29, 2008

Mas, saya mau tanya mengenai pengukuran kinerja supply chain. Judul skripsi saya mengenai pengukuran kinerja scm pada perusahaan. Masalahnya saya kurang mengerti mengenai metric2 nya. kalo bisa saya minta tolong mengenai artikel2, jurnal2 dan teori2 yang bisa membantu. makasih

19. adri - May 8, 2008

Mas,saya mau tanya,tanggapan mas kalau semua entitas yang terdapat di dalam supply chain tersebut perlu diciptakan komunikasi yang efektif,salah satunya dengan membangun komunikasi data (intranet) itu bagaimana?

20. Bhq - May 8, 2008

#adri
Tepat sekali. Namun tentu Intranet saja tidaklah cukup. Ada hal-hal mendasar yang perlu dibangun agar tercipta seamless communication, diantaranya terbangunnya trust.

21. tisha - May 10, 2008

Mas, saya mau tanya mengenai pengukuran kinerja supply chain. Judul skripsi saya mengenai pengukuran kinerja scm pada perusahaan. Masalahnya saya kurang mengerti mengenai metric2 nya. scm pakai matriks perhitungan yang seperti apa saja si?

22. Baihaqi - May 13, 2008

#21
Article sudah saya kirim via japri.

23. nurahman - May 22, 2008

numpang tanyak ?
langsung saja ke pertanyaan saya :
1.apa pengertiaan dari scm yang terintegrasi ?
2. Bagaimana dan upaya apa untuk mengintegrasikan SCM dilihat dari sisi Eksternal (pemasok) terhadap fungsi SCM perusahaan ?
3. Metode apa yang bisa digunakan untuk mengupayakan integrasi antara pemasok dengan perusahaan di fungsi SCM ?

mohon bantuaannya euy…rekan2x sekalian ..ditunggi balasannya yah..

thkns,

24. Andrii - June 7, 2008

Mohon pencerahan..
Mas saya sedang penelitian di PMI, dosen saya nyuruh saya ambil topik tentang scm saja.. tentang suplai darah, dari pendonor ->pmi ->rs -> pasien.. masalah yg sering terjadi : kurangnya persediaan darah. Lha terus untuk menghitung ato menganalisis pendonornya bagaimana? kan beda bgt sama perush manufaktur, bisa milih2 suplier bla bla bla… apakah dengan kuesioner? apakah ada metode lain?
terima kasih sebelumnya…

25. nurahman - June 9, 2008

thnks a lot mas informasi dari jurnalnya…tapi kasus yang sedang saya hadapi domainnya bukan di manufaktur namun di dunia industri migas dimana supplier yang terlibat tidak tetap atau harus melalui mekanisme tender… saya hanya ingin mengintegrasikan pengelolaan scm ke arah supplier terlebih dahulu sehingga image yang dirasakan juga baik..secara ilmiah mungkin metode/ data apa yang perlu saya olah agar bisa mencapai tujuan tersebut atau boleh dikirimkan lagi contoh kasus/ jurnal seperti ini ??? maaf yah mas minta dijelaskan lagi…

26. janung - June 13, 2008

Sorry to jump in Mas Baihaqi.
If I can suggest my comment for andrii,
–> literatur mengenai SCm untuk non-profit organization sangat sedikit didapat (or saya saja yang belum menemukan). Menurut saya, perusahaan jasa, public service dalam penentuan suplier sangat tergantung pada kesediaan (kebaikan hati) para supplier/ pendonor dan akan sulit untuk meningkatkan supply agar memenuhi demand. Salah satu cara untuk meningkatkan supply (yang sekarang dilakukan PMI adalah kunjungan ke perusahaan2 (terutama yang padat karya) dan menghimbau karyawan di perusahaan tsb untuk mendonorkan darahnya.
Mungkin bisa dibagi menjadi segment segment (demografi, geografi, etc). kuesioner bisa disebar ke pendonor, sedangkan demand bisa dapat dari RS(how many hospital in that region, kepadatan penduduk etc.)
hope it can help.
thanks

27. janung - June 13, 2008

another resource for finding literatures : http://www.ssrn.com/
no fee is required, just use the search engine on that site, put a keyword as supply chain management……or you can also logged in as user…it’s free

or another resource : http://papers.nber.org/s/search?q=supply+chain+management&restrict_papers=yes&client=test3_fe&proxystylesheet=test3_fe&site=default_collection&entqr=0&ud=1&output=xml_no_dtd&oe=UTF-8&ie=UTF-8&btnG=Search

28. baihaqi - June 17, 2008

Andri dan Janung:

Mas Janung, saya ada beberapa article tentang blood service supply chain. Namun karena copy right, saya tidak bisa membaginya disini.
Jawaban untuk mas Andri sudah saya email via japri. Ini saya copy paste-kan, siapa tahu berguna buat yang lain:

Andri,
Betul beda dengan manufacture, tapi kan anda bilang problemnya: kurangnya persediaan darah.
La apa kalau persediaan barang di pabrik kurang, anda akan cari supplier baru? Tentu tidak. Persediaan kurang bisa disebabkan karena perencanaan yang tidak baik.
Coba di lihat di PMI, punyakah mereka data atau tahukan mereka berapa rata-rata permintaan darah per tipe darah tiap periode (bulanan, mingguan dst). Punyakah mereka forecasting atas permintaan darah ini? Atau paling tidak, adakah catatan pemakaian atau order darah2 tersebut?
Terus tahukah mereka bagaimana karakteristik permintaan darah tersebut? apakah ada lonjakan pada bulan-2 tertentu.
Nah anda berangkat dari sini dulu. Saya pikir membuat model supply-demand untuk PMI sudah cukup bagus untuk penelitian anda.
Jadi anda mengusulkan ke PMI bagaimana seharusnya mereka mengelola demand tersebut juga mengatur supply.

Jika mereka tahu tingkat permintaan darah, tapi kesulitan mendapatkan pendonor maka problemnya sudah bisa diatasi. Misalnya dengan mengatur jadwal kampanye donor darah.

Begitu?

Mudah2an membantu.

29. savira - June 19, 2008

mas,saya vira mahasiswi akuntansi manajemen di ubaya. saya mau tanya kalo supply management itu apa??trus bagaimana mengukur kinerja supplier(pemasok) dalam supply management??saya sulit mendapat teorinya untuk tugas akhir,karena yang saya dapatkan hanya tentang supply chain dan supply chain management.terima kasih sebelumnya

30. janungh - June 22, 2008

mas baihaqi
kalau kita kaitkan SCM ini dengan strategi aliansi, dampak apa yang mungkin timbul kepada para supplier/ customer/ rival misalnya kasus telkomsel yang beraliansi dengan beberapa operator seluler di asia. Atau mungkin bila kasus perusahaan manufaktur.

Would appreciate your thought regarding this.

thanks

31. yellyana - August 4, 2008

saya mendapat tugas dari dosen tentang mencari
1.keuntungan supply chain management terhadap manufaktur
2.kerugian supply chain management terhadap manufaktur
3.keuntungan supply chain management terhadap industri jasa
4.kerugian supply chain management terhadap industri jasa

32. yellyana - August 4, 2008

tolong minta secepatnya… senin sudah di kumpulkan… tentang masalah lcm sudah mengerti

33. baihaqi - August 6, 2008

#Yellyana
Silahkan anda google atau pake Google Scholar.

34. ayu - September 5, 2008

mas baihaqi…
saya adalah mahasiswa semester 5…
ini dikasih tugas buat nyari scm tentang produk handphone…
disuruh nyari tentang supplier, distributor, agennya…
bisa tolongin ga mas??? thx…

35. Dewi - September 8, 2008

mas baihaqi…

saya mahasiswa smster 5 jurusan T.Industri…
saya dikasih tgs sm dosen ttg Perapan IT pd SCM..dg point”

1. persyaratan msk ke IT SCM
2. mendesign IT dan strategi SCM
3. mengukur kesiapan IT untuk SCM
4.Langkah2 penerapan
5. konsep e-SC

bisa tolongin tak??

udah cari di google dan google scholar ga ketemu..

thx…

36. Dewi - September 8, 2008

mas baihaqi…

saya mahasiswa smster 5 jurusan T.Industri…
saya dikasih tgs sm dosen ttg Perapan IT pd SCM..dg point”

1. persyaratan msk ke IT SCM
2. mendesign IT dari strategi SCM
3. mengukur kesiapan IT untuk SCM
4.Langkah2 penerapan
5. konsep e-SC

bisa tolongin tak??

udah cari di google dan google scholar ga ketemu..

thx…

(yg bner ini,,td ada salah ketik di point no.2)

37. nandang Suherman - October 27, 2008

Assalamu Allaikum Mas Baihaqi,

Saya mahasiswa TI UIA jakarta, berencana nyusun skripsi semester ini mas. tapi saya bingung menentukan judul untuk skripsi saya, sebagai informasi saya udah bekerja di perusahaan pemasok alat alat kesehatan mas sebagai marketing , mungkin mas bisa mengarahkan saya judul yang ada hubungan dengan SCM dan kerjaan saya.

Terima kasih sebelumnya. Saya tunggu jawabannya yah mas.

Wassallam
nandang90@gmail.com

Mungkin bisa bantu mas mengarahkan saya

38. fie hasby maulana - October 28, 2008

Mas, saya mau tahu hub Agile dan Lean dalam supply chain?
Please kasih tau yah

39. romly - November 10, 2008

mas baihaqi…
salam kenal dr saya.. kapan lanjutan tulisan tentang SCM nya..?
mungkin bs diuraikan tentang SCM untuk yg bergerak di sektor minyak dan gas bumi…para K3S dsb..
saya tunggu..

cheers
romly

40. diana - November 18, 2008

Assalamu Allaikum Mas Baihaqi,

salam kenal, insya Allah saya akan mengambil research tentang strategic supply chain management di luar negeri, oleh dosennya saya diminta untuk melukiskan permasalahan supply chain dalam perusahaan saya. salah satunya adalah penggunaan jasa ekspedisi door to door (kami memang import dari eropa untuk sistemnya). karena sering terkena red light tidak seperti yang resmi seperti DHL, maka terkadang waktu pengiriman bisa molor sampai 3 minggu. Pertanyaan saya, etis tidak ya saya kemukakan masalah itu ke dalam research saya? karena setahu saya door to door itu semi ilegal di australia menurut teman saya yang sudah disana.

Terima kasih banyak,

41. Kuswandi Arifin - November 23, 2008

Assalamu ‘alaikum mas Baihaqi’

salam kenal mas, saya wandi ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang Studi Kasus pengukuran Performansi SCM di industri jasa atau manufaktur.

Terima kasih. suskses selalu

wassalam

42. maz bei - December 26, 2008

mas Baihaqi, boleh tdk saya ingin belajar mulai dari awal mengenai supply chain management, lean, six sigma, erp dsb. adakah mas Baihaqi bisa membantu?

wassalam

Bei Dj
(wong Ndeso)

43. fien - January 9, 2009

mas baihaqi saya lagi nyusun desertasi ttg SCM pada bank ato lembaga keuangan mikro syariah, mau minta jurnal ttg SCM pada bvank ada gak ya, tq

44. fien - January 9, 2009

o….ya saya punya beberapa jurnal SCM yang bisa digunakan untuk acuan penelitian/skripsi, tolong sampekan bagi yang membutuhkan……

fien_afo@yahoo.com

45. ELVI - January 15, 2009

Jadi apa konsep penerapan SCM dan CRM?

46. angga - January 29, 2009

mas bisa kasih tahu perusahaan mana yang bisa di jadikan tempat penelitian tentang SCM terima kasih

47. fien - February 2, 2009

mas….lha koq ga dijawab to pertanyaanku? fien_afo@yahoo.co.id

48. andari - February 24, 2009

saya mau tanya adakah saling terkaitan antara SCM dengan sistem produksi dan manajemen logistik ? bila ada kaitan dengan sisprod, itu seperti apa?

49. Rudy M - March 25, 2009

mas saya mau tanya kalo dalam supply management itu hal apa saja yang harus diperhatikan? soalnya saya ada ambil skripsi tentang SCM dengan tujuan pembuatan rancangan pada badan usaha yang bergerak dalam pengepulan telur ayam? hal apa yang harus diperhatikan? tools yang ada apa aja? saya butuh landasan teori nya mas… thx semoga mas bisa membantu saya.. hehehe soalnnya udah kepepet waktu neh terus kalo bisa saya diberi gambaran mas bagaimana membangun suatu SCM dalam industri ini, hal apa aja yang harus diperhatikan. ok thx a lot..

baihaqi - March 27, 2009

Aduh…. pertanyaanya banyak banget… langsung email japri ya!

SYARIF - November 30, 2010

tolong dong, kirimkan lanjutannya…..thank’s….

ke emailku : muh_syarif10@yahoo.com

klo bisa dengan jurnal SUPPLY CHAIN nya….

50. Rudy M - March 27, 2009

japri?
waduh sapa tu? tau alamat emailnya gimana? maklum masi baru

51. Pandu - April 8, 2009

Assalamualaikum Pak Baihaqi..
Saya Pandu, saat ini baru memulai mengerjakan TA tentang Penerapan Lean SCM di industri makanan dg tujuan mengefisienkan biaya.
Untuk permulaan, langkah2 apa yang harus saya lakukan?
Terima kasih sebelumnya..

52. Herry A - April 10, 2009

salam kenal Mas Baihagi,
Saya Herry mahasiswa tingkat akhir berencana menulis topik SCM pada industri expedisi (Freight Forwading) tempat saya bekerja. Saya haya melihat penerapan SCM yang tampak menonjol di bidang ini ada pada pemanfaatan TI dan pemanfaatan jaringan internet untuk memperoleh data dan informasi yang lebih cepat akurat dan mudah diakses oleh end customer. Misal pemakainan OS SAP,AS400 yg saling terintegrasi.

Mungkin Mas Baihagi dapat memberi contoh lain penerapan SCM pada industri ini (Transportasi angkutan laut).

Mohon saya diberi informasi artikel2x,referensi buku2x maupun landasan teori yang yg berkaitan dgn SCM.

Mohon di japri via e-mail : herry.apridianto@kuehne-nagel.com

53. Herry A - April 10, 2009

Salam kenal Mas Baihagi saya herry,
Mahasiswa tingkat akhir berencana menulis topik mengenai SCM pada industri Transportasi Angkutan Laut. Tempat saat ini saya bekerja. Saya melihat penerapan SCM tampak pada pemanfaatan TI secara maksimal dan pemanfatan jaringan internet seperti penggunaan sofware OS SAP,AS400.

Pertanyaan saya :
1. Apakah tolak ukur penilaian keberhasilan penerapan SCM pada bidang ini
2. Mahon referensi artikel,judul buku yg membahas landasan teori yg berkaitan dgn SCM. Thanks

54. arip - May 5, 2009

Assalamualikum
Mas baihaqi saya mau tanya tentang pelatihan management logistik, SCM dan turunannya buat saya yang baru lulus kuliah dan pengen mendalai ilmu logistik dan SCM, dimana tempat pelatihan yang relatif murah dan berkualitas, masalahnya saya liat pelatihan-pelatihan yang ada harganya sangat mahal…
Bls ke E-mail saya di aripsaipul_bdg@yahoo.com

55. Rudy M - May 24, 2009

mas baihaqi
mas saya mau tanya didalam pembuatan supply contract demi terlaksana nya SCM itu, hal apa saja yang harus ada pada contract tersebut?? kalau bisa saya di kasi referensi buku mas, buat landasan teori.
thx

56. harry - June 1, 2009

mas saya mahasiswa pasca sarjana sains manajemen. rencanaya saya bakal ambil konsentrasi manajemen operasional dan SCM. S1 saya teknik industri. jadi kalo mas ada bahan apa aja saya minta kirimin. seperti jurnal2 dll, terlebih lagi kalo ada study kasusunya.

57. Riesa - June 4, 2009

Mas, saya mhs TI unand, rencananya mau nyusun skripsi tentang pengukuran kinerja supply chain pada pabrik kantong. Kira-kira apa saja indikatornya mas?? dan apa hubungan indikator tersebut dengan implementas lean manufaktur???
Terimakasih atas bantuannya…
Buat teman-teman yang memiliki jurnal atau bahan2 tentang supply chain, saya mohon bantuannya, kirim ke email :cantik_la2008@yahoo.com

58. wilyansyah - June 13, 2009

bagaimana hubungan antara supply chain dengan perusahaan pengiriman barang? apakah ada.

59. Rere - October 11, 2009

Assalammualaikum Wr Wb ..
Mas Baihaqi , salam kenal yach nama saya Rere, saya man tanyakan bagaimana caranya saya ikut training / seminar ttg SCM (PTK 007) sedangkan sekarang saya sdh tidak bekerja dilingk BP Migas lagi.Sebelumnya saya di EMP Kangean Ltd di SCM-Contract Adm . Saya berminat u/ mendalami SCM . Terima kasih .

Wassalam,

60. imha - October 13, 2009

Ass..
Mas baihaqi..sya imha nak stmik sementara belanja tugas akhir..dan saya diberi judul sama dosen sistem informasi supply chain manajemen ayam pedaging pada PT. MITRATAMA RAYA ABADI..saya mw bertanya bagaimana merumuskan masalah yang ada pada SCM, dan bagaimana masalah yang menarik untuk dijadikan tugas akhir itu apa?? tolong bantuanya…sebelumnya terima kasih banyak mas..

61. ioshi - December 29, 2009

mas, minta atikel ttg SCM nya dunk..
mksih iaa

62. ika - February 24, 2010

Mas, saya mau tanya mengenai pengukuran kinerja supply chain. Judul skripsi saya mengenai pengaruhkinerja scm pada roa perusahaan. Masalahnya saya kurang mengerti mengenai metric2 nya. scm pakai matriks perhitungan yang seperti apa saja si?
thanx alot,, tlg dbls lwt email aja.. thx

63. muhar - May 6, 2010

Mas, kalo supply management pada perikanan gimana?
apa kalau diputus satu jalur distribusi dari nelayan ke konsumen bisa? trm kasih

Baihaqi - May 22, 2010

Di semua sektor, SCM prinsipnya sama. Pemutusan channel distribusi bisa dilakukan untuk memperpendek jalur dan menekan biaya.

Baihaqi - July 23, 2010

Bisa saja, yang penting identifikasikan dulu rantai supply chain nya.

64. koesmawan - May 22, 2010

Wah, bagus sekali Nieh. memang; Salah satu hal yang membuat pekerjaan bisa lebih efektip dan bisa mengurangi total mbiaya inour prodyj si, ya siupply chian ini. Ini merupakan perluasan dari ilmu manajemen logistik yang lebih menekankan hal internal. Sementar supply chain lebih terintegratof antara kepntingan internal perisahaan (pabrik) dan eksternalnya : melipuri : pasokan raw material dan penyelesaiabn akhir dari finishing goods. terima kasih. bagus sekali (Prod.Dr,.Ir. Koesmawan,M.Sc,MBA,DBA, Ketua STTM Muhammadityah Tangerang).

Baihaqi - July 23, 2010

Terima kasih Prof Koesmawan

65. sam - July 20, 2010

Dear Pa Baihaqi,

mas,saya sam, hanya ingin menambah ilmu saja..
saya mau tanya kalo supply management itu apa??trus bagaimana mengukur kinerja supplier (pemasok) dalam supply management??terima kasih sebelumnya

Baihaqi - July 23, 2010

Mas Sam.

Ada beberapa methods mengukur kinerja suppliers. Nanti mungkin akan saya bahas tersendiri (kalau ada waktu). Tapi untuk sementara waktu bisa dibaca-baca disini: http://bit.ly/auGyGI

66. sam - July 20, 2010

Dear Pa Baihaqi,

mas,saya sam, hanya ingin menambah ilmu saja..
saya mau tanya bagaimana proses pengukuran kinerja supplier dalam SCM??terima kasih sebelumnya

67. Roro Indah - July 22, 2010

mas saya mau tanya masalah SCM (misalnya saja, PT.X). PT. X ini bergerak dalam jasa telekomunikasi, PT.X ini memproduksi voucher tetapi menyerahkan proses produksinya kepada vendor, tetapi untuk melakukan sale forecast, jumlah pengadaan, dan pendistribusian voucher PT.X ini melakukan sendiri..apakah ini termasuk SCM?dan penjelasannya seperti apa..terimakasih :)

Baihaqi - July 23, 2010

Mbak Roro,

Iya itu juga termasuk bagian dari SCM. Namun titik berat dari supply chain adalah koordinasi antara pembeli (PT X dalam hal ini) dan pemasuk. PT X yang melakukan forecast sudah tepat, karena PT X lah yang langsung berhadapan dengan permintaan. Yang penting bagi PT X adalah memastikan agar forecast itu dibuat accessible kepada vendor, serta memastikan vendor betul-betul memproduksi berdasarkan forecast yang telah dibuat. Akan lebih baik lagi kalau vendor bisa diikutkan dalam process yang anda sebutkan. Inilah yang disebut sebagai Collaborative Forecasting, and Requirement Planning.

Salam :D

68. fenty - August 26, 2010

salam kenal mas baihaqi…

sy fenty, skrg sedang menyusun TA sy di jurusan Sistem Informasi komputer.. sy pengen tanya: aspek apa saja yang dibutuhkan untuk membuat software/ sistem SCM pada suatu perusahaan produksi produk kecantikan? apa bedanya jika menerapkan scm dan tidak menerapkan scm?

tlg secepatnya di bls..

69. fenty - August 26, 2010

salam kenal mas baihaqi…

sy fenty, skrg sedang menyusun TA sy di jurusan Sistem Informasi komputer.. sy pengen tanya: aspek apa saja yang dibutuhkan untuk membuat software/ sistem SCM pada suatu perusahaan produksi produk kecantikan? apa bedanya jika menerapkan scm dan tidak menerapkan scm?

tlg secepatnya di bls. tq b4

70. marta - October 24, 2010

mas sy ,mhs sem 5 atmajaya.. sy ada tugas sim ttg supply chain. mnrut mas bgmn rantai supply pada kompas.com? parternya sp sj dan sistm ap kr2 yg mereka dterapkan? bgmn analisis upstream, downstream, internal n integrasinya? sy bgg >.<
penyelesaiannya bgmn y mas… mhon bntuanny… maturnuwun mas…

71. kamilah - November 7, 2010

mas, nama saya kamilah berkenaan dengan penyusunan tugas akhir saya mau tanya mengenai bagaimana cara pengukuran efektifitas dan efisiensi scm, dan referensi lainnya yang berhubungan dnegan penggunaan matrix penilaian SCOR.. mohon bantuanya mas, trimakasih

72. sam - December 1, 2010

Dear Mas Baihaqi,

Bicara mengenai SCM, sy menitikberatkan pada inventory-nya.. Melihat SCM yang terlalu general, apakah ada hubungannya dengan inventory management?

Bgmn cara menghitung inventory dgn siklus ABC? sy sdh coba browse, tapi merasa krg lengkap.. mungkin Anda bs membantu…

Terima kasih

Baihaqi - December 12, 2010

Sam,
Inventory management Adalah bagian dari Scm. Scm menekankan pengintegrasian dengan partner baik upstream maupub downstream.

Inventory ABC adalah salah satu metode pengklasifikasi inventoey berdasarkan frekwensi penggunaan dan nilai dari inventori. Kalau sudah didapat klasifikasinya maka kita bida memanage tiap kategory dg metode yang cocok dari sisi cost maupun service level.

73. Icha - January 30, 2011

Dear Mas Baihaqi,

Saya Icha, mahasiswa S1 Sistem Informasi semester 8. Pada semester ini, saya berencana membuat tugas akhir tentang supply chain management. Namun,sampai sekarang saya belum mempunyai ide tentang judul tugas akhir saya. Tiap kali saya memikirkan suatu judul, pasti yang menjadi kendala adalah mendapatkan data dari perusahaan.
Oleh sebab itu, saya sangat berharap atas saran dari Mas Baihaqi tentang judul tugas akhir yang harus saya buat.
Makasih

74. rangga - February 8, 2011

mas baihaqi..saya rangga sedang menyelesaikan skripsi tentang pengukuran performansi SCM dengan SCOR..mas bisa bantu saya mengenai dimana saya mencari artikel serta referensi tambahan tentang topik diatas…
terima kasih.
(shinichironggo[at]gmail.com)

75. suplly chain management « kumbangcycle - May 18, 2011

[...] Supply Chain & Supply Chain Management [...]

76. Data Base and Security Pada PT.Bank Sinarmas Tbk. | Ammy Nurwati - July 23, 2011
77. sherly - November 11, 2011

mau tanya. benefit kita mengetahui scm bagi perusahaan apa ya ?

78. Supply Chain & Supply Chain Management « manajemenrantaipasok - December 20, 2011

[...] repost: http://baihaqi.wordpress.com/2006/12/16/supply-chain-supply-chain-management/ Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this post.   [...]

79. Penerapan teknologi dalam sew what? inc | Mariana Fitri Rahmawati - December 20, 2011

[...] Secara sederhana Supply Chain Management (SCM) diartikan sebagai suatu proses yang melingkupi suatu produk mulai dari pembuatan hingga pendistribusian kepada konsumen. Supply chain Management (SCM) dapat didefinisikan sebagai sekumpulan aktifitas (dalam bentuk entitas/fasilitas) yang terlibat dalam proses transformasi dan distribusi barang mulai dari bahan baku paling awal dari alam sampai produk jadi pada konsumen akhir. Berdasarkan pengertian tersebut  maka suatu supply chain terdiri dari perusahaan yang mengangkat bahan baku dari bumi/alam, perusahaan yang mentransformasikan bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau komponen, supplier bahan-bahan pendukung produk, perusahaan perakitan, distributor, dan retailer yang menjual barang tersebut ke konsumen akhir. Dengan definisi ini tidak jarang supply chain juga banyak diasosiasikan dengan suatu jaringan value adding activities. (Baihaqi, 2006). [...]

80. tunktunk - January 20, 2012

mas baihaqi, saya minta tlg krmi juga artikel atau jawaban dari comment di atas tentang
1.keuntungan dan kerugian supply chain management terhadap manufaktur
2. keuntungan dan kerugian supply chain management terhadap industri jasa
3. apa pengertiaan dari scm yang terintegrasi ?
4. Bagaimana dan upaya apa untuk mengintegrasikan SCM dilihat dari sisi Eksternal (pemasok) terhadap
fungsi SCM perusahaan ?
5. Metode apa yang bisa digunakan untuk mengupayakan integrasi antara pemasok dengan perusahaan di
fungsi SCM ? karena saya ada tugas merangkum. terimakasih sebelum dan sesudahnya. tolong kirim ke email ini y…tunktunkjulukannya@ymail.com

81. Muhammad Ardyan Sidiq - January 24, 2012

mahasiswa2 sekarang pada goblok ya, udah minta tolong, pake maksa2 lagi, ckckck

82. Qira F - February 27, 2012

mas baihaqi, saya mau bertanya mengenai supply chain (SC) untuk perusahaan atau Lembaga Non Profit milik Pemerintah (Perum B*LOG) kebetulan Tugas Akhir saya mengenai pengukuran SC menggunakan metode SCOR (Suply Chain Operations Reference).
Saya mengalami kesulitan dalam menentukan parameter pengukuran untuk nantinya dilakukan pendekatan ke matriks pengukuran SCOR. Dikarenakan perusahaan ini bukan manufaktur, melainkan hanya melakukan distributor beras/raskin saja yang mana bersifat sosial bukan komersial.

Kira2 apa saja yang perlu saya identifikasi lebih dalam lagi untuk menguatkan alasan saya melakukan penelitian pengukuran SC di perusahaan ini???

Terima kasih :)

83. saiful anwar - November 2, 2012

assalmualaikum salam kenal
saya anwar dari teknik industri,
mw share mas,klo penerapan/aplikasi SCM dalam dunia industri itu seperti apa??/
dan kegiatana yang ada dalam SCM itu contoh ny seperti apa??/
terimakasi mas..,

84. layf bagus - February 7, 2013

lagi ngejain skripsi judulnya Analisis Performasi kinerja perusahan supply chain dengan menggunakan metotode supply chain oprator reference (SCOR)

bisa bantu kirim ke email saya gak mas?
layfbagus88@gmail.com

trims

85. SCM (Supply Chain Management) | Wall Kang Mas JM - April 18, 2013

[...] 1. SCM (Supply Chain Management) adalah konsep atau mekanisme untuk meningkatkan produktivitas total perusahaan dalam rantai suplai melalui optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan. (USAHAWAN NO. 02 TH XXX FEBRUARI 2001) 2. menurut (http://id.wikipedia.org/wiki/Supply_chain_management) Manajemen Rantai Suplai adalah koordinasi dari bahan, informasi dan arus keuangan antara perusahaan yang berpartisipasi. Manajemen rantai suplai bisa juga berarti seluruh jenis kegiatan komoditas dasar hingga penjualan produk akhir ke konsumen untuk mendaur ulang produk yang sudah dipakai. 3. Supply chain Management dapat didefinisikan sebagai sekumpulan aktifitas (dalam bentuk entitas/fasilitas) yang terlibat dalam proses transformasi dan distribusi barang mulai dari bahan baku paling awal dari alam sampai produk jadi pada konsumen akhir. Menyimak dari definisi ini, maka suatu supply chain terdiri dari perusahaan yang mengangkat bahan baku dari bumi/alam, perusahaan yang mentransformasikan bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau komponen, supplier bahan-bahan pendukung produk, perusahaan perakitan, distributor, dan retailer yang menjual barang tersebut ke konsumen akhir. Dengan definisi ini tidak jarang supply chain juga banyak diasosiasikan dengan suatu jaringan value adding activities. (http://baihaqi.wordpress.com/2006/12/16/supply-chain-supply-chain-management/) [...]

86. Alejandra - June 1, 2013

I drop a leave a response each time I like a article on a site or I have something to add to the discussion.
It’s a result of the fire displayed in the post I browsed. And after this post Supply Chain & Supply Chain Management | Baihaqi. I was excited enough to post a thought :) I do have 2 questions for you if it’s allright.
Is it only me or do some of the responses appear like coming from brain
dead folks? :-P And, if you are writing at additional online social sites, I’d like to follow you. Would you make a list the complete urls of your social sites like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: